Problem Recovery Akun Email ; Bahaya Mengganti atau Menghanguskan Nomor HP Lama

Thursday, March 19, 2020

Buat kamu, ngga peduli jomblo atau yang sudah punya gebetan, jangan sekali-kali menyepelekan hal-hal yang dianggap kecil namun berdampak pada hubungan yang tidak harmonis.

Buat kamu atau pasangan yang suka teledor atau malas menyimpan catatan penting pada data-data credential, siap-siap saja psuatu saat akan mengalami persoalan pelik, termasuk akibat mengabaikan pergantian nomor handphone atau bahkan dengan sengaja “menghanguskan” nomor tersebut. Mungkin kamu merasa bahwa nomor HP tersebut sudah tidak ada gunanya lagi. Atau karena kamu tidak ingin lagi dihubungi mantan, trus kamu buang tuh nomor HP yang penuh dengan kenangan.

Tapi eits, tunggu dulu. Jangan lakukan hal gegabah seperti itu, gays. Itu terutama jika kamu punya akun email baik gmail atau yahoo yang masih memiliki koneksi ke nomor HP kamu. Provider email seperti gmail atau yahoo pada dasarnya sudah menyediakan metode atau tahapan-tahapan tertentu saat penggunanya mengalami kehilangan data username dan atau password. Biasanya ini terjadi pada pengguna yang tidak terlalu sering masuk ke akun email dan tidak ada backup cadangan dari user guna mencatat data-data tersebut jika suatu saat diperlukan.

Dalam sebuah kasus, ada pengguna email di gmail yang tidak bisa mengakses akun emailnya karena tidak hafal lagi kode password yang dulu ia buat. Bahkan ia tidak tahu kapan ia mengubah password tersebut. Maka upaya untuk melakukan recovery password yang bisa dicoba dari tahap awal sampai akhir adalah sebagai berikut :
  • Masuk ke https://accounts.google.com lalu coba sign in di sana dengan memasukkan data username  (diasumsikan bahwa data username sudah benar dan hanya password yang tidak ingat lagi).
  • Klik “Forgot email?”, lalu masukkan nomor HP atau akun email kedua sebagai email recovery.
  • Dalam kasus ini, kamu gunakan metode pertama yaitu recovery melalui nomor HP.
  • Setelah memasukkan nomor HP, selanjutnya Google akan meminta data nama pengguna (first name dan last name) dari akun Google Account.
  • Google akan menampilan nomor HP yang kamu masukkan dan ada pemberitahuan bahwa Google akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor dimaksud.
    Nah, pada langkah inilah muncul persoalan dimana nomor HP yang didaftarkan sudah dinyatakan tidak aktif (bisa karena hilang atau sengaja dihanguskan) sementara kamu belum sempat mengubahnya di akun Google kamu. Maka langkah recovery melalui kode verifikasi ke HP pun sia-sia alias tidak membuahkan hasil. 

Dengan kasus di atas, buat kamu yang mengalami kehilangan HP atau dengan sengaja mengganti nomor HP kamu (mungkin lagi patah hati sama mantan) bakal bisa menjadi masalah pada akun email kamu. Maka buat menghindari kejadian lupa password email sementara nomor HP sudah tak tahu rimbanya, harus dipastikan bahwa semua akun email (dan media sosial) yang terhubung ke nomor lama kamu itu dapat di-update data nomor HP-nya ke nomor yang baru.

Post a Comment