3 (Tiga) Strategi Melupakan Sang Mantan

Monday, March 9, 2020

Mimin kali ini mau berbagi atau share kepada para pencinta tentang bagaimana cara melupakan mantan yang sudah putus hubungan percintaan (ya iyalah, kan sudah berstatus “mantan”…).

Mimin tahu, tak mudah melupakan sang mantan. Apalagi jika putusnya hubungan percintaan kalian sebenarnya tidak diinginkan masing-masing pihak. Siapa sih yang menginginkan relasi percintaan harus kandas di tengah jalan. Tapi siapa sih yang dapat memastikan bahwa jalan percintaan para pencinta akan mulus sepanjang masa. Ingat ngga, orang bijak sering bilang bahwa “kehidupan itu seperti roda pedati. Kadang ada di bawah dan kadang ada di atas”. Seperti itu juga situasi dan kondisi hubungan percintaan yang tidak bisa digaransi akan terus berada di atas atau berjalan mulus layaknya mobil melewati jalan tol Bakahueni – Lampung yang luruuus terus dan ngga banyak kendaraan lain yang ikut memadati jalan bebas hambatan itu.

Meskipun ini hanya sekedar teori yang mimin rekomendasikan, kamu yang masih merasa menyayangi mantan namun tak bisa berbuat banyak karena sudah menjadi mantan alias eks kekasih, dapat mencoba 3 (tiga) cara berikut dalam upaya untuk dapat melupakan si dia :

(1) Mencari Kesibukan Baru

Saat kalian putus dengan kekasih usahakan jangan terlalu fokus pada kesedihan dan kegalauan hati, apalagi sampai harus menyendiri atau merenung sendiri di kamar dalam waktu lama. Mengalami kesedihan adalah hal yang wajar terjadi bagi setiap orang. Di saat awal kejadian pemutusan hubungan, kalian boleh saja menangis karena dengan cara itulah beban kalian akan dapat terkurangi (meski sedikit saja). Namun jangan sampai terlalu berlarut-larut ya gaes. “Menyiksa diri” sendiri secara terus menerus dengan cara menangis atau mengurung diri di kamar bukanlah soluasi terjitu. Justru kesedihan itu bisa menjadi semakin dalam. Luka hati yang terbuka akan dapat makin lebar. Carilah kesibukan baru yang dapat melupakan sang mantan (misal bikin blog atau web yang sedang mimin lakukan saat ini). Dengan melakukan aktivitas baru maka setidaknya pikiran kamu tidak akan terus-menerus digelayuti oleh bayang-bayang si dia. Berkumpulah dengan kawan–kawan lain untuk sekedar ngobrol atau berjalan-jalan keliling kampung. Berolahraga saat acara CFD (Car Free Day) bersama mereka akan menjadi kegiatan baru yang mengasyikkan.

(2) Jangan Kepo-in Sosmed Mantan 

Langkah berikutnya adalah jangan berusaha meng-kepo-in sanga mantan. Karena si dia sudah memiliki kehidupan baru, begitu juga kamu yang harus melangkah ke depan, maka usahakan jangan membuka-buka lembaran lama yang sudah lewat. Atau masih mencuri-curi kesempatan membuka halaman facebook dan instagram mantan. Ibaratnya nih orang lagi ingin program diet makan es krim tapi masih sering lewat di depan penjual esk krim, ya dipastikan bakal susah tuh program diet akan berhasil. Atau jika kamu lagi ngga pengin lagi minum kopi karena bisa bikin lambung kumat, tapi kamu masih sering lewat di depan coffee shop yang dulu sering kamu kunjungi. Lama-lama hasrat untuk masuk coffee shop itu bakal muncul lagi, cukup kopi itu jadi kenangan sekarang...ea...ea...

(3) Hapus Semua Kontak Mantan

Langkah ini memang terkesan terlalu radikal dan super tega, makanya mimin taruh di nomor terakhir. Jika kamu sudah bisa melakukan langkah nomor 1 maka langkah nomor 2 dan 3 tidak perlu dilakukan. Jadi ini adalah langkah terakhir yang terpaksa harus kamu ambil. Kalau pun ada yang kemudian menjuluki kamu sebagai “raja tega” atau “ratu tega” ya tak mengapa, biarkan saja. Daripada kamu makin terpuruk dan hati masih ragu antara ingin benar-benar melupakan dirinya atau tidak, sementara keadaan atau mode “silent” itu malah membuat hati makin galau, maka ada baiknya untuk melakukan tindakan tegas kepada diri kamu sendiri. Kalau masih ada nomor HP, WA, BBM, Facebook, Instagram, dan lain-lain di perangkat selular kamu maka itu justru dapat menjadi indikasi bahwa kamu tidak ingin berupaya untuk melupakan sang mantan. Dalam hati kamu pasti masih terbersit rasa itu, yaitu keinginan untuk disapa atau di-chat mantan, padahal siapa sih dia itu. Toh dia sudah bukan apa-apanya lagi kamu, apalagi jika tersimpannya nomor mantan itu dapat menyebabkan tarik-menarik dalam hati saat kamu ingin mencoba ber-"say hello" kepadanya.

Demikianlah resep hati yang coba mimin tawarkan kepada kamu semua, para pencinta yang saat ini sedang “kehilangan” orang yang dicintai. Jika kamu diputuskan cinta oleh mantan kekasihmu, kamu harus berusaha melakukan 3 (tiga) hal di atas. Sebaliknya jika kamu berada di pihak yang “memutuskan” hubungan maka hindari tindakan-tindakan yang dapat menyebabkan salah tafsir dari sang mantan. Kasihan kan mantan kamu, saat dia berupaya melupakan kamu namun maih saja seolah kamu “ganggu” kondisi hati dia yang belum benar-benar sembuh dari “luka” yang kamu buat sendiri.  

putus cinta

Post a Comment